Selasa, 11 Desember 2012

Trik Print Multi Worksheet/Workbook Bolak-Balik

Hari ini ada yang minta tolong aku untuk ngeprintkan transkrip nilai mahasiswa. Transkrip ini dikerjakan di workbook excel (hahh..hari gini buat transkrip nilai masih pake excel?? Ketinggalan jaman pak..). Nah di workbook ini ada 50 worksheet yang masing-masing worksheet terdiri dari 2 halaman. Dia minta aku ngeprintkan 50 worksheet ini dan masing-masing worksheet dalam bentuk 2 sisi (bolak balik). Karena tak pikir gampang maka aku mengiyakan. Langsung filenya aku buka pake Microsoft office excel 2010, klik file + print lalu atur setting ke Print entire workbook, di bawahnya pages ganti print on both sides, ganti ukuran kertas yang sesuai lalu klik print...glodag-glodag...lha kok keluarnya kacau...
Ternyata ngeprint workbook dengan multiple worksheet dan ditambah lagi print 2 sides ga semudah yang aku bayangkan. Lalu masih belum nyerah, tak coba otak-atik sana-sini, hasilnya sama saja..kacau!!!! Malah cuman buang-buang kertas dan tinta. Karena mentog usahaku ga membuahkan hasil, maka terpaksa tanya ke mbah google... Tapi apesss..ga ada jawaban yang sesuai dari mbah google. Udah aku coba beberapa keyword tapi hasilnya nihil. 
Karena belum mendapatkan jawaban yang memuaskan, maka putar otak sendiri bagaimana ngakali supaya bisa ngeprint (udah terlanjur pede kalo bisa sih...). 
Akhirnya aku temukan caranya di office 2010 yaitu dengan menyimpannya dalam bentuk file PDF dulu kemudian baru diprint. Mungkin cara ini kurang efektif tapi setidaknya sudah membantuku untuk menyelesaikan pekerjaanku. Begini langkah-langkahnya: 
  1. Pilih dulu worksheet yang akan diprint. Anda bisa lihat caranya di sini 
  2. Klik  File + Save As. lalu cari lokasi penyimpanan. Pada kotak save as type gantilah dengan PDF. terakhir klik Save. Maka workbook akan menjadi satu file PDF.
  3. Buka File PDF yang tadi disimpan (Di sini aku pake Foxit Reader). Klik File + Print. Supaya hasilnya 2 sides, maka print dulu halaman ganjil dengan menganti Subset menjadi odd pages in only lalu klik OK. Tunggu sampai proses print selesai. Setelah ngeprint halaman ganjil, sekarang balik kertas (awas jangan keliru mbaliknya..) dan perintahkan untuk ngeprint halaman genap. prosesnya kaya tadi: Klik File + Print + ganti subset menjadi even pages only + klik OK. lihat gambar di bawah:
Selesai sudah pekerjaanku. Semoga pengalamanku ini bisa membantu Anda yang juga mengalami kebingungan yang sama..Jika ada para master yang mengetahui cara print Multiple Worksheet to 2 Sides..mohon dishare..Trims

0 komentar:

Poskan Komentar

 

Copyright 2012 All men by nature desire to know Seo Elite by BLog BamZ